Nggahi Rawi Pahu..Nasibmu nak…


“NGGAHI RAWI PAHU”

*KET :
Nggahi = Omongan, perkataan
Rawi = Kerja
Pahu = Rupa, bentuk

Kalimat tersebut adalah semboyan orang Dompu, layaknya kalimat Mataram Kota Ibadah yang dipakek orang Mataram, Ngaha aina ngoho-nya orang Bima, atau mungkin (mungkin loh ya..) Jembut Berpita-nya Jember Utara(?).. πŸ™‚

Sejak pertama bisa membaca saya sudah kenal pada kalimat ini, kata orang-orang tua sih artinya “setiap hal yang kita ucapkan harus kita laksanakan/kerjakan sampai memiliki hasil yang nyata”, ada juga yang bilang “apa yang kita katakan harus kita laksanakan agar mendapatkan hasil sesuai keinginan”, malah ada yang mengartikan secara kasar “klo udah ngomong, laksanakan dong biar ada hasilnya!!”, dan jujur saja sebenarnya saya sendiri bingung kalimat ini artinya apa, saya cuma bisa menangkap klo kalimat ini mengajarkan TANGGUNG JAWAB, maklum saya ini bukan seniman seperti sodara blek.. πŸ™‚
Dari jaman EsDe kami (orang dompu red.) diajarkan tentang Nggahi Rawi Pahu, diajarkan pula untuk bersikap Nggahi Rawi Pahu…
tapi… itu dulu, keknya sekarang sudah gak diajarkan lagi di sekolah2, malah pelajaran muatan lokalnya lebih berat ke belajar berbahasa daerah yang baik dan benar, Nggahi Rawi Pahu kini cuma semboyan, dipampang di tembok-tembok perkantoran, atap-atap sekolahan, sampai bus-bus penumpang AKAP dan AKDP pun ikut jadi sarana corat-coret kalimat ini…
Dan sepertinya semboyan ini sudah tidak berlaku lagi, orang Dompu sekarang (dari rakyat jelata sampai pemipin, mudah-mudahan tidak termasuk saya) sudah punya semboyan hidup baru yaitu NGGAHI NGGAHI NGGAHI, bagaimana negeri ini khususnya Dompu bisa maju kalau semboyannya aja udah gak bener… semboyan baru ini muncul mungkin karena sudah kebanyakan pemikir dibanding yang bekerja, jadi yang ada cuma nggahi dan rawi di ru’u pahu itu cuma impian…

Saya cuma berharap semua orang di negeri ini khususnya Dompu bisa kembali berpedoman pada NGGAHI RAWI PAHU, karena sekarang yang diperlukan bukan cuma pemikiran, tapi harus dibarengi AKSI…
amieeen….

NB : HIDUP DOMPU!!, HIDUP NGGAHI RAWI PAHU!!!

Advertisements
    • Furkan
    • October 26th, 2007

    HOre PertamaX

  1. Ya..ya..ya..
    Kamu beruntung..
    *padahal sudah berniat komen sendiri sebagai pertamax..*

  2. Jadi kamu dih3k ukang pertamaxnya.
    *menjelaskan*

  3. Dem! Knapa sayah gak sadar?brarti h3k plus plus dong nambah sosial enjinering nih…

    • Saiyan
    • October 28th, 2007

    Oh..dah bikin blog toh
    gw ga tau kapan kau buatnya

  4. Ini aja baru coba2, dijamin updatenya molor, ngelag mulu..

    • mbah_enol
    • October 28th, 2007

    not bad, tingkatin terus cing, smangatz, tp background jgn item seitem dompu, ganti pink kykny bagus, hihi

  5. *pertamaaaax*

    lagnote mode ON

    egh… inih apah yan? yan?… inih apa?.. saia dimanaaa??

    sombadi wek mi aaap..!!!

  6. @ nFath : yang jelas ini bukan klab homok, jadi gak usah terlalu panik..
    Anooo…
    Minta pic chibi rei dong bwt header..
    *siap2 tendang sensei mesum jauh2..*
    ehiya, kenapa klo dari hape gak bisa komen di bog sampeyan yak???

  7. cih!
    blog apaan ini? hedernya kok nggak ayanami!!!

  8. Senter, mana senter .. gelap …

    • oon
    • October 29th, 2007

    /me kira dompu itu kawan si komo :p

    • エッス
    • October 29th, 2007

    ano…. ano…. jav-nya sebelah mana ya….

  9. cih, yg komentar cowo smua. kliatan klo yg punya blog ga punya kenalan cewe… atoooooo emang ga suka cewe?

  10. >Dompu yg temannya si komo itu udah kemana yak?? Pasti skarang udah dewasa, udah tw pacaran dong..
    *ikut nyasar*

    >jav? Klo jav(a) baru tahu sayah, itu mah jauuuh bgt dari dompu, harus lewatin dua pulau, 3 kali nyebrang..

    @d kazuma : emang di id-anime ada cewek yg aktif? Lagian sayah belum pengumuman klo bikin blog..
    πŸ™‚

  11. Kamu naksir BLEK yah?
    *bacanya cepat-cepat*

  12. anooo…
    be, bukannya kamu?

  13. > ya, keknya yang naksir blek itu emang raja BTS…

  14. Kk-kK..~ kK..

    • conandole
    • October 30th, 2007

    serius yan klu jrmber utara tu jembut berpita???
    (ketawa gak henti2 kakakakakakakak)…

  15. JEmber UTara BErsih raPi dan tertaTA..

  16. Kasian kamu ang… makanya join id-anime.. πŸ˜€

  17. dan satu lagi yang ketinggalan soal motto tadi. ini juga mungkin lo….. “kalau sudah bolong jangan kecewa” -nya orang sumbawa (sabalong sama lewa). nyambung gak???? just kidding. jangan tersinggung ya… teman-teman yang dari sumbawa.

  18. Wah kurang tw juga yah, padahal sayah skrg gi di sumbawa..

    • conandole
    • October 31st, 2007

    iora
    join pede re…..

    • sh1nch1
    • October 31st, 2007

    #Dompu On Dalnet

    • imheL_m0edh
    • August 20th, 2008

    hag hag bLognyAh mAntabbhh.
    hiDup dOu dOmpu. (dieesssssssssssssss)

    dOmpu mBuipu paNas gAg iaKh (.”)??
    dUa mBa’a uNgga mUdikk.

    cLam kNaaaaaaaaaaaaaallllllllllll…!!! πŸ™‚

  19. Yeah,,, kedualapanx!

  20. salam knal….

    semboyan dompu udah ganti jadi:
    pahu pahu pahu

    artinya cuma nampang muka aja, gk ada hasil..

    peace..!!!!

  21. salam knal….

    semboyan dompu udah ganti jadi:
    pahu pahu pahu

    artinya cuma nampang muka aja, gk ada hasil..
    Damai..!!!

  22. numpang lewat>>>

  23. Owwww Gitu..

    • k_edhi
    • November 29th, 2009

    alae….. caru, caru, caru……..

    • k_edhi
    • November 29th, 2009

    caru wali…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: